pulau kalimantan indonesia
umbut rotan kalimantan

Pahit Sedap Umbut Rotan Makanan Unik kalimantan

Diterbitkan dalam kategori: Tips & Info

Indonesia memang terkenal rajin membuat kejutan-kejutan menarik yang terkadang terkesan sepele tapi kemudian berubah menjadi sangat unik dan membuat penasaran.

Kebanyakan ide-ide menarik memang datang dari situasi yang sulit, contohnya adalah makanan-makanan unik yang berbahan utama sesuatu yang sepertinya tidak mungkin untuk dijadikan makanan karena kita mengenalnya sebagai sesuatu yang sangat berbeda.

Makanan-makanan unik ini banyak yang di ambil dari jenis pohon-pohonan sebut saja Ares makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari batang bagian dalam pohon pisang, tapi tentu saja tidak sembarang jenis pohon pisang terasa enak Ares-nya. Ada juga Rebung sayuran ini berbahan utama tunas bambu yang masih muda, terasa nikmat dengan pohon umbut rotan kalimantansedikit aroma khas bambu dan rasa pahit yang samar. Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki banyak pohon kelapa, Anda pasti akan mengenal kuliner Umbut Kelapa, rasanya sangat nikmat dengan teksturnya yang lembut. Kemudian kuliner yang mirip sekali dengan Umbut Kelapa adalah Umbut Sawit, luar biasa bukan Umbut Sawit juga tak kalah nikmat dari Umbut Kelapa walaupun rasa Umbut Kelapa sedikit lebih manis serta tekstur Umbut Kelapa lebih lembut di bandingkan Umbut Sawit, tetapi saat sudah dihidangkan, Anda akan sulit membedakannya.

Nah dari kuliner-kuliner di atas ternyata masih ada satu lagi kuliner yang tidak kalah unik namanya adalah kuliner Umbut Rotan. Terdengar asing memang, tetapi di Kalimantan khususnya di Kalimantan Tengah, Umbut Rotan merupakan makanan sejenis sayuran yang sangat diminati oleh masyarakat karena rasanya yang unik.

Kuliner Umbut Rotan

Jika kita berbicara tentang makanan, maka hal utama yang menjadi pertanyaan tentu saja “bagaimana rasanya?” .pencari umbut rotan kalimantan

Apakah Anda pernah merasakan kuliner daun dan bunga pepaya yang super pahit, atau pare yang juga memiliki rasa pahit? Kemudian apakah Anda pernah merasakan sayur rebung yang juga memiliki rasa pahit yang samar? Makan Umbut Rotan sedikit lebih pahit dari pada rebung tapi tidak sepahit daun pepaya atau bunga pepaya atau pare.

Umbut Rotan memang terdengar asing, masakan ini adalah masakan yang diperkenalkan sebelumnya oleh suku Dayak, itulah sebabnya masakan ini memang hanya ada di Kalimantan karena di daerah inilah suku Dayak hidup dan bahan utama sayur inipun memang banyak di temukan di Kalimantan.

Rotan yang tumbuh subuh di daerah dengan curah hujan tinggi serta biasa juga tumbuh subur di sekitar tepi sungai.

Umbut Rotan terbuat dari tunas rotan yang masih muda, setelah dibersihkan durinya kemudian barulah diolah dengan cara direbus untuk mengurangi rasa pahit. Di Palangkaraya tidak sulit untuk menemukan tunas rotan muda (Umbut Rotan) karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Cita rasa Umbut Rotan bagi sebagian orang yang menyukainya memang terkenal unik dan nikmat, akan tetapi tidak semua orang memang menyukai Umbut Rotan. Selain rasanya yang khas, Umbut Rotan juga memiliki wangi khas yang akan tercium saat Anda mengunyahnya sehingga akan terasa nikmat di lidah.

Cara Mengolah Umbut Rotan

gulai umbut rotan kalimantanMengolah Umbut Rotan tidaklah terlalu sulit, tetapi bagi mereka yang mengambil langsung tunas rotan di hutan atau dari tanaman budidaya, mereka terlebih dahulu harus membersihkan duri dari Umbut Rotan tersebut. Setelah itu proses selanjutnya adalah merebus rotan yang berguna untuk mengurangi rasa pahit dan untuk mejadikan Umbut Rotan menjadi lembut.

Setelah rebusan rotan dirasa cukup, kulit bagian luar dari umbut rotan harus dibuang dan di ambil bagian dalamnya, selanjutnya Anda dapat mengiris-irisnya sesuai dengan selera Anda.

Nah sekarang Umbut Rotan siap di masak sebagai sayur nikmat yang akan menggoyang lidah Anda.

Resep Umbut Rotan

Berikut adalah salah satu resep memasak Umbut Rotan.

Bahan Utama

Umbut Rotan               : 500gr

Bawang Merah             : 5 butir

Bawang Putih               : 2 siung

Cabai Merah                : 2 buah

Cabai Hijau                  : 2 buah

Tomat matang              : 1 buah

Minyak Goreng            : secukupnya

Garam                          : 1 Sendok teh

Merica Bubuk              : ¼ sendok teh

Gula Pasir                    : 1,5 sendok teh

Pala Bubuk                  : ¼ sendok teh

Air                                 : Secukupnya

Cara memasak

  1. Panaskan minyak goreng.
  2. Iris-iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau dan tomat, kemudian di tumis.
  3. Masukkan Umbut Rotan, aduk agar rata.
  4. Masukkan air secukupnya, garam, merica, gula pasir dan pala bubuk.
  5. Aduk sampai matang.

Penyajian

Setelah Umbut Rotan yang Anda masak matang kini saatnya untuk menikmati, cara penyajian Umbut Rotan sama dengan cara penyajian kebanyakan masakan yang lain.

Makan dengan sayur Umbut Rotan akan semakin nikmat dengan ikan bakar seperti Patin atau Baung, sambal serai, atau dengan tambahan Mandai.

Umbut Rotan juga dapat dimasak dengan berbagai cara sesuai selera seperti Pakat, Gulai, Sayur Asam, Juhi Singkah, Sayur Rotan dan Tumis Rotan.

Restoran atau Warung Makan Penyedia Umbut Rotan

Jika Anda tidak berminat untuk memasak sendiri, Anda bisa langsung mampir di beberapa warung makan yang menyediakan menu Umbut Rotan dengan harga relatif terjangkau:

Harga per porsi antara Rp.5.000,- s/d Rp. 10.000,-

  1. RM Samba – Jl. RTA Amilono, Palangkaraya.

Tips

Umbut Rotan juga bisa dimasak dengan campuran terong atau keladi.

Bagi Anda yang tidak menyukai Umbut Rotan Anda bisa mengganti Umbut Rotan dengan Rebung.

Bagikan

4 tanggapan untuk “Pahit Sedap Umbut Rotan Makanan Unik kalimantan”

  1. Mamie Niquette berkata:

    keren masbro webnya…. mantapppp

  2. Aneka khastra berkata:

    Keren bisa dicoba, butuh umbut rotannya kami menyediakan bisa SMS/wa 085273070001

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *