pulau kalimantan indonesia
tugu khatulistiwa pontianak kalimantan barat

Tugu Khatulistiwa, Tugu Tanpa Banyangan

Diterbitkan dalam kategori: Kalimantan Barat, Tempat Wisata

Tugu Khatulistiwa, Monumen tanpa bayangan. Sebuah Monumen (Tugu) unik, serta sarat dengan pelajaran dan pengetahuan.

Berwisata ke Kalimantan tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument, sebuah tugu yang unik karena letaknya yang sempurna.

Objek Wisata

tugu khatulistiwa pontianak kalimantan baratKesempurnaan letak Tugu Khatulistiwa pada titik lintang 00 yang membelah bumi secara horizontal menjadi bumi bangian utara dan bumi bagian selatan menciptakan sebuah peristiwa alam yang menakjubkan, yaitu, saat terjadi kulminasi matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itulah bayangan tugu dan benda disekitarnya menghilang selama beberapa saat.

Momen dimana bayangan tugu dan benda disekitarnya menghilang saat matahari tepat berada pada titik lintang 00 hanya terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Jadi, jika anda ingin berkunjung dan menyaksikan secara langsung terjadinya kulmunasi matahari atau anda ingin merasakan berdiri tanpa banyangan anda dapat mengatur jadwal disela-sela kesibukan anda mulai sekarang.

Keunikan kulmunasi matahari inilah yang membuat Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu ikon Kalimantan khususnya Kalimantan Barat yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia, keunikan tugu khatulistiwa kemudian disempurnakan oleh Pemerintah Kota Pontianak dengan mendaftarkan Tugu Khatulistwa ke UNESCO agar lebih dikenal oleh dunia.

Tugu Khatulistiwa dibangun oleh ahli geografi dari belanda yang melakukan ekspedisi pada tahun 1928.

Pada bagian atas tugu khatulistiwa terdapat dua buah lingkaran sebagai tanda yang membelah bumi secara horizontan dan vertical, dengan diameter 2,11 Meter bertuliskan “EUENAAR”.

Bagian tengah lingkaran terdapat sebuah anak panah penunjuk arah dengan mata panah menghadap ke barat. Anak panah ini memiliki panjang sekitar 2,15 meter. Di bawah panah terdapat tulisan “1090 20’ OlVGR” yang menunjukkan letak tugu itu berdiri pada garis bujur.

Bangunan Tugu Khatulistiwa telah melalui beberapa tahap renovasi sejak pertama kali dibangun. Renovasi yang dilakukan pada tahun 1930 menjadikan tugu ini semakin besar dengan tinggi 4,4 Meter dan di sokong dengan 4 kayu ulin atau kayu besi khas Kalimantan, yang masing masing tonggaknya berdiameter 0,30 meter.

Akomodasi

Pada tahun 1990 dibuatlah kubah dan duplikat tugu khatulistiwa dengan ukura 5 kali lebih besar dari ukuran sebelumnya tugu khatulistiwa pontianak kalimantan baratdan telah diresmikan pada tanggal 21 September 1991. Dengan adanya bangunan serta tribun baru yang dibangun oleh Pemkot Pontianak membuat kegiatan berwisata di sekitar tugu menjadi lebih nyaman. Ditambah dengan taman kota dipinggir Sungai Kapuas yang dibangun oleh pemerintah setempat akan membuat kunjugan anda tidak membosankan, selain siang hari anda juga dapat menikmati keindahan tugu ini pada malam hari yang tak kalah menariknya.

Lokasi

Objek wisata ini berlokasi di jalan yang memiliki nama sama, yaitu Jalan Khatulistiwa, di Kota Pontianak Utara, Kalimantan Barat, Indonesia.

Akses Lokasi

Dari pusat kota, tempat ini berjarak kurang lebih 3 kilometer.

Tips

tugu khatulistiwa pontianak kalimantan baratCuaca panas khas daerah tropis akan langsung menyapa anda saat anda menjejakkan kaki di objek wisata ini. Nah, jika anda berencana untuk mengunjungi tugu khatulistiwa ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal, diantaranya tabir surya untuk menghindari anda dari sengatan panasnya matahari siang, bagi anda yang tidak tahan panas ada baiknya anda mempersiapkan payung agar anda dapat bebas menjelajahi sekitar.

Anda tentunya tidak ingin hanya menikmati tugu khatulistiwa saja bukan? Pemandangan sekitarnya juga akan sangat menakjubkan, jika anda beruntung dikompleks Tugu Khatulistiwa sering juga diadakan agenda wisata khusus seperti kegiatan-kegiatan seni budaya lokal serta pameran-pameran.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *