a
Transportasi di Kalimantan

Transportasi di Kalimantan

Transportasi di Kalimantan – Perkembangan pesat yang dialami Kalimantan beberapa tahun belakangan ini tentunya tidak lepas dari perekonomian di pulau tersebut. Sumber daya alam yang menjadi salah satu potensi terbesar pulau ini merubah wajah Kalimantan menjadi yang lebih maju dan modern.

Kini, dengan semakin tergerusnya sumber daya alam yang ada pemerintah kota di Kalimantan berusaha mencari dan membuat alternatif lain sebagai penggerak ekonomi. Dan tentu saja salah satunya adalah pariwisata. Kalimantan timur memiliki banyak potensi wisata yang harus digali dan dikembangkan. Selain itu, transportasi di Kalimantan juga perlu dikembangkan agar lebih mudah untuk pergi ke berbagai tempat termasuk juga objek-objek wisata yang ada.

Bandar udara di Kalimantan

Ada banyak bandar udara baik yang berstatus sebagai bandara internasional maupun bandara lokal yang ada di pulau Kalimantan. Bandara Sepinggan yang terletak di Balikpapan adalah bandara yang berada di Kalimantan Timur dan berstatus sebagai bandara internasional. Bandara ini melayani berbagai rute baik domestik maupun internasional seperti dari :

  • Sepinggan Ke Jakarta
  • Sepinggan Ke Surabaya,
  • Sepinggan Ke Sulawesi,
  • Sepinggan Ke Sumatera, dan juga
  • Sepinggan Ke Singapura.

Selain itu, di Kalimantan Selatan juga terdapat bandara internasional yang bernama bandara Syamsudin Noor. Bandara internasional Syamsudin Noor juga terkenal sebagai salah satu bandara yang banyak dipergunakan oleh wisatawan maupun oleh orang orang yang datang ke Kalimantan. Penerbangan dari Surabaya ke bandara Samsudin Noor adalah penerbangan paling singkat dan paling cepat. Hal tersebut karena lokasi Kalimantan Selatan yang dekat dengan pulau Jawa.

Sedangkan di Kalimantan Tengah Tjilik Riwut AiRport adalah salah satu bandara yang paling sering dipergunakan selain Iskandar AiRport.

Kalimantan Barat Bandara Internasional Supadio merupakan jalur keluar masuk yang paling sering dipergunakan. Sedangkan untuk bandar udara yang ada di Kalimantan Utara, Juata International AiRport dan Kalimarau AiRport adalah dua bandara yang tetap aktif hingga saat ini. Selain bandara internasional di atas, terdapat juga beberapa bandara lokal di antaranya adalah Gusti Syamsir Alam AiRport, Seminung AiRpot, Tanjung Warukin AiRport, dll.

Penerbangan Lokal

Pulau Kalimantan terkenal sebagai salah satu pulau terluas di Indonesia dan tentu saja perjalanan yang kita lakukan ini bisa memakan waktu berhari hari. Oleh sebab itu untuk memudahkan perjalanan, di Kalimantan juga tersedia beberapa bandar udara atau aiRport yang berstatus sebagai bandara lokal. Bandar udara tersebut biasanya melayani penerbangan dalam skala kecil dan pesawat pesawat kecil. Misalnya jenis fokker.

Pada umumnya jika anda berniat untuk pergi ke Kalimantan utara misalnya ke Berau atau Tarakan, anda terlebih dahulu harus transit di bandar udara Sepinggan. Baru kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kalimantan Utara dengan menggunakan pesawat fokker.

Bus Antar Provinsi

Untuk menghubungkan provinsi provinsi yang ada di pulau Kalimantan, tersedia juga bus antar propinsi yang bisa dimanfaatkan bagi anda yang menginginkan sebuah perjalanan dengan tarif murah. Beberapa bus yang melayani perjalanan antar propinsi sangat banyak mulai dari Titian Mas, Glora, dll. Perjalanan yang paling banyak menggunakan bus antar kota antar propinsi biasanya dari Kalimantan Selatan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, atau sebaliknya dan juga dari Kalimantan Timur menuju beberapa daerah di Berau, Tarakan, Kalimantan Tengah, dll.

Angkutan umum di kota

Untuk transportasi di kota, tersedia beberapa angkutan mulai dari taxi hingga angkot.

Di Kalimantan Timur transportasi cukup lancar mulai dari Balikpapan yang memiliki banyak angkot dan berpusat di terminal Batu Ampar. Angkutan umum di Balikpapan melayani banyak rute mulai dari bandara, pelabuhan, hingga ke berbagai pelosok di Balikpapan.

Sedangkan di samarinda, hampir mirip dengan Balikpapan ada banyak angkot yang bisa anda manfaatkan untuk pergi ke berbagai tempat. Selain itu tersedia juga moda transportasi taksi yang bertarif standar yaitu Rp 6.000 per 0 km dan selanjutnya akan dihitung Rp 3.600 per kilometer.

Sedangkan di kota Kalimantan barat, transportasi di kota terpusat di terminal batu layang yang merupakan terminal utama di kota Pontianak. Untuk Kalimantan Tengah, terminal Putih Rumbih menjadi satu dari beberapa terminal yang paling aktif dan bisa anda manfaatkan untuk pergi ke berbagai tempat.

Transportasi air

Selain transportasi darat di Kalimantan juga banyak dikenal transportasi air karena Kalimantan memang memiliki banyak sungai dan juga selat. Transportasi seperti kapal feri, kapal klotok, serta speedboat, dll juga banyak digunakan. Penyeberangan dari pelabuhan Penajam ke Balikpapan misalnya memanfaatkan ferry, klotok, dan juga speedboat. Sedangkan jika anda ingin menjangkau tempat tempat yang berada di pedalaman, biasanya model transportasi ketinting, jukung dan juga kelotok banyak dimanfaatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *