pulau kalimantan indonesia
pulau kumala tenggarong kalimantan timur

Pesona Pulau Kumala Tenggarong

Diterbitkan dalam kategori: Kalimantan Timur, Tempat Wisata

Kalimantan memang terkenal akan kekayaan sungainya yang berjumlah puluhan bahkan ratusan. Terdapat banyak sungai dengan berbagai ukuran serta panjang. Selain sebagai alat transportasi sungai di Kalimantan ternyata juga menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Sungai Mahakam di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kutai Kertanegara yang beribukota di Tenggarong dan memiliki sebuah sugai besar ini memiliki sebuah taman rekreasi indah yang terletak di tengah-tengah sungai Sungai Mahakam. Taman rekreasi itu adalah Objek Wisata Pulau Kumala.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Kumala, Anda akan disajikan berbagai wahana permainan layaknya Ancol di Jakarta. Selain itu keindahan alam Pulau Kumala sangat menakjubkan dengan sungai dan Kota Tenggarong.

Objek Wisata Pulau Kumala

pulau kumala tenggarong kalimantan timurPulau Kumala sering juga disebut Pantai Kumala. Pulau Kumala adalah sebuah delta sungai yang sering terendam jika air Sungai Mahakam meluap. Pada tahun 2002, Pulau Kumala diresmikan menjadi objek wisata karena keindahan alamnya dan letaknya yang berada di tengah sungai Mahakam sehingga terlihat seperti sebuah kapal di tengah sungai. Luas Pulau Kumala kurang lebih 81 Hektar.

Sebagai taman rekreasi, Pulau Kumala memiliki sekitar 10 (sepuluh ) wahana permainan yang bisa Anda nikmati seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk menglilingi pulau dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini mencapai 75 meter.

Objek Wisata Pulau Kumala juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung pulau kumala tenggarong kalimantan timurikan pesut (orcaella brevirostris), yaitu spesies lumba-lumba air tawar yang juga terdapat di Sungai Irawady, Brazil dan Sungai Mekong di China.

Tidak jauh dari Pulau Kumala, terdapat Museum Mulawarman yaitu sebuah bukti sejarah Kerajaan Kutai yang terkenal, Museum Mulawarman menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara.

Lokasi Wisata Pulau Kumala

Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong terletak di tengah-tengah delta Sungai Mahakam yang terletak di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

pulau kumala tenggarong kalimantan timurAkses Menuju Wisata Pulau Kumala

Tenggarong berjarak sekitar 27 Km dari Kota Samarinda. Anda dapat mengunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi sebagai alat traspotasi. Setelah sampai di tepi Sungai Mahakam, Anda dapat mencapai Pulau Kumala dengan menyewa perahu motor kecil (Ketinting), jika Anda takut menggunakan perahu, Anda juga dapat menuju Pulau Kumala dengan kereta gantung.

Akomodasi

Di Pulau Kumala telah disediakan berbagai fasilitas yang akan memudahkan Anda saat berkunjung ke Pulau ini diantaranya:

  1. Lahan parkir yang luas
  2. Restoran dan warung makan serta pedagang asongan (sentra makanan khas daerah setempat)
  3. Mushola
  4. Isi ulang pulsa
  5. Peralatan memancing
  6. Outlet cinderamata
  7. Cottage
  8. Hotel
  9. Wisma
  10. Bumi perkemahan

Tarif Masuk ke Wisata Pulau Kumala

Untuk menyewa perahu (ketinting) biaya yang harus Anda keluarkan sekitar Rp. 6.000,-

Biaya masuk Rp. 2.000,-/ orang

Tarif wahana rekreasi bervariasi antara Rp. 2.000,- s/d Rp. 25.000,-.

Tips

Anda dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang berdekatan dengan Pulau Kumala seperti Museum Mulawarman.

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda dapat membawa alat pancing atau jika Anda mau, Anda juga dapat menyewa alat pancing di Pulau ini.

Bagikan

4 tanggapan untuk “Pesona Pulau Kumala Tenggarong”

  1. muhamad hanapiah mengatakan:

    ruas jalan yg berseberangan dgn p kumalajadi temapat parkir kendaraan roda 4, jadi macetlah lalu lintas

  2. Fandi Valensiano mengatakan:

    Sepertinya sangat layak untuk dikunjungi, sangat menarik 🙂

  3. david mengatakan:

    tempat wisata baru nih 🙂

  4. ahmad ta' rifin mengatakan:

    Dl,sktr th
    2001_2004 sy dg alm firdaus efendi srg menulis n mengedit buku ttg kutai kartanegara,trmsuk mendiskusikn buku dn lagu pulau kumala untk alm. Pak Kaning. Indahnya.. sayangny, smpai skrg blm kesampaian ke kukar,khususny pilau kumala.maklum gk da ongkos heee..siapa tahu ada yg mo ngajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *