pulau kalimantan indonesia
kampoeng nasi kuning

Kampoeng Nasi Kuning

Diterbitkan dalam kategori: Kalimantan Timur, Tips & Info

Apakah anda seorang pemburu kuliner? Jika iya, Kampoeng Nasi Kuning patut mendapat perhatian anda.

Jika anda tinggal didaerah Samarinda atau kebetulan berada di wilayah Samarinda-Kalimantan Timur, maka anda wajib menyempatkan diri menikmati nasi kuning khas samarinda yang terkenal keunikan rasanya.

Masyarakat Samarinda yang homogen adalah salah satu hal yang paling berpengaruh dan menjadi kunci dalam cita rasa menu khas Samarinda ini. Banyaknya pendatang yang membawa resep dan selera asal memicu terciptanya campuran cita rasa yang unik.

Lokasi Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning

kampoeng nasi kuningAda sebuah tempat di Jalan Lambung Mangkurat yang telah di resmikan oleh Pemerintah Kota Samarinda sebagai “Kampoeng Nasi Kuning” pada tahun 2011 lalu. Halnya ketika anda berkunjung ke Jogja dimana anda akan menemukan banyak sekali penjual Gudeg yang berjejal disepanjang Jalan Malioboro, disini, di Kampoeng Nasi Kuning anda akan menjumpai banyak sekali warung-warung penjaja nasi kuning sepanjang Jalan Lambung Mangkurat.

Jika didaerah jawa anda hanya menemukan nasi kuning pada momen-momen tertentu atau pada acara-acara tertentu seperti kenduri dan selamatan yang berbentuk tumpeng, maka di samarinda anda akan mendapatkan nasi kuning sebagai makanan rakyat yang dapat anda jumpai di berbagai tempat.

Tidak hanya di pagi hari, anda dapat menikmati enaknya nasi kuning kapanpun anda menginginkannya bahkan hingga malam hari, sambil menikmati keindahan kota samarinda diwaktu malam.

Bagi anda yang sering merasa lapar ditengah malam, Kampoeng Nasi Kuning dapat anda jadikan salah satu opsi yang bias anda kunjungi untuk mengganjal perut, karena warung-warung disana banyak yang buka hingga dini hari.

Nasi kuning memang bukan makanan khas Kalimantan Timur atau Samarinda, anda pasti juga pernah menemukannya di daerah-daerah lain. Tapi jangan berkecil hati karena nasi kuning yang dijajakan di Kampoeng Nasi Kuning adalah nasi kuning special, memiliki ciri khas tersendiri dengan lauk ikan Haruan-nya yang sangat terkenal.

Komposisi

Menu nasi kuning yang beragam membuat menu ini tidak membosankan, kelezatan nasi kuning khas samarinda sudah banyak diakui sebagai salah satu yang memiliki kelezatan dan cita rasa unik, nasinya gurih karena dimasak dengan santan kental, warna kuning yang dihasilkan menjadi lebih terang dan mengkilap serta alami (warna kuning didapat dari kunyit). Bumbunyanya pun dibuat istimewa, yaitu bumbu “Habang” bumbu khas masakan Suku Banjar, lauk ikan haruan serta tambahan bawang goreng dan serondeng akan membuat nasi kuning menjadi semakin nikmat.

Harga

Untuk menikmati satu porsi nasi kuning anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, ya, hanya dengan Rp. 8.000 – Rp. 18.000 anda sudah dapat menikmati satu porsi kelezatan nasi kuning dengan lauk ikan Haruan.

Suasana pada siang hari dan malam hari tentu sangat berbeda, jangan kaget kalau harga menu ini di Kampoeng Nasi Kuning juga ikut berubah pada malam harinya, tidak terlalu jauh memang, harga nasi kuning pada malam hari akan naik sekitar Rp. 2000 dari harga siang hari.

Kamu Perlu Tahukampoeng nasi kuning

Pemerintah kota Samarinda yang pro aktif mempromosikan Kampoeng ini juga ternyata tak hanya pandai memperkenalkan Kampoeng Nasi Kuning kepada tamu-tamu pemerintahan. Dengan dibantu beberapa pihak, kerjasama dengan hotel pemerintah Kota Samarinda membina pedagang nasi kuning bagaimana meningkatkan cita rasa, tanpa menggunakan pewarna, dan menjaga kebersihan serta kesehatan.

Sesuatu yang jarang dilakukan oleh pemkot-pemkot di kota lain, dengan turun tangannya pemerintah membina para pedangan nasi kuning untuk mengutamakan kebersihan dan kesehatan adalah salah satu nilau plus yang patut dipertimbangkan.

Tidak hanya sampai disana ternyata Kalimantan timur khususnya samarinda juga menyimpan potensi wisata kuliner yang menakjubkan. Anda setidaknya dapat menikmati menu-menu nikmat pencuci mulut seperti, buah lahung, buah Elai, dan cempedak dikota ini.

Tips

Ikan Haruan adalah ikan air tawar, umumnya dikenal dengan nama Ikan Gabus, bagi anda yang tidak bisa memakan ikan jenis ini, jangan berkecil hati karena di Kampoeng Nasi Kuning anda dapat memilih lauk yang lain sesuai dengan selera anda.

Bagikan

2 tanggapan untuk “Kampoeng Nasi Kuning”

  1. Kedai Nasi Kuning Asik 46 mengatakan:

    Tulisannya memberi inspirasi banyak orang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *