pulau kalimantan indonesia
batu dinding kalimantan timur

Eksotiknya Batu Dinding Dan Riam Jeram Kalimantan Timur

Diterbitkan dalam kategori: Kalimantan Timur, Tempat Wisata

Seolah tak ada habisnya, keindahan alam tersaji di bumi tercinta Indonesia ini. Semakin bertambah canggihnya teknologi, juga tenyata membuka lembaran-lembaran baru kekayaan alam yang dimiliki Bangsa ini.

Daerah-daerah yang dulu sulit terjamah kini semakin ramai dikunjungi. Jeram yang mengerikan bahkan kini menjadi tujuan wisata penantang bahaya yang menyenangkan. Bagaimana tidak pergeseran dan pengaruh budaya seolah menjadi suatu hal yang sulit dibendung, memicu cara berfikir dan tingkah laku.

Kali ini kita kami akan mengajak anda berpetualang di bumi Kalimantan yang terkenal dengan kelebatan hutannya, sebuah pulau dengan potensi wisata yang mengagumkan.

Kalimantan, disamping terkenal akan tambang sebagai penghasil minyak bumi dan batu bara ternyata juga menyimpan keindahan alam yang tidak kalah menakjubkan disbanding dengan keindahan alam di belahan bumi yang lain.

Batu Dinding

batu dinding kalimantan timurSungai Mahakam, sebagai salah satu sungai terbesar di Kalimantan Timur, sungai yang banyak berjasa bagi penduduk Kalimantan, sungai yang menjadi penghubung berbagai daerah di Kalimantan. Ternyata mampu menyuguhkan berbagai keindahan-keindahan alam di sempanjang alurnya. Batu dinding atau dinding batu misalnya. Batu kapur putih yang menjulang seolah memagari Sungai Mahakam Ulu. merupakan keindahan alam tersendiri yang sulit anda temui di kota-kota lain di tanah air. Dinding batu yang memagari Sungai Mahakam Ulu dengan panjang lebih dari 800 meter ini tampak sangat menakjubkan sebagai salah satu keajaiban yang ada di pulau Kalimantan. Dengan tinggi rata-rata 100 hingga 120 meter dinding batu ini terlihat bagaikan tembok raksasa yang kokoh megah.

Disamping itu sepanjang perjalanan menikmati Batu Dinding anda juga akan dimanjakan dengan keelokan alam sekitarnya, dengan suguhan pepohonan, anggrek anggrek liar dan pemukiman penduduk asli Kalimantan seperti masyarakat suku Dayak Bahau yaitu suku asli pedalaman yang mendiami pesisir sungai Mahakam Kabupaten Kutai Barat.

Akses Ke Lokasi

Berwisata ke Kalimantan banyak menantang fisik dan nyali. Bagaimana tidak untuk mencapai lokasi Batu Dinding, batu dinding kalimantan timurperjalanan menuju Kabupaten Mahakam Ulu ditempuh selama 10 jam dari Samarinda menuju Tering di Kutai Barat dengan menggunakan mobil, kemudian dilanjutkan dengan speedboat selama 3 jam untuk tiba di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun yang merupakan ibukota Kabupaten Mahakam Ulu. Batu Dinding akan menjadi pemandangan utama dalam perjalanan ini.

Data dan fakta

Selain panjangnya Batu Dinding yang mencapai 800 meter atau hampir 1 Kilometer dengan tinggi mencapai 120 meter, ternyata Batu Dinding juga di gunakan sebagai tempat untuk memakamkan orang yang telah meninggal pada masa lalu.

Semakin kehulu tebing batu atau Batu Dinding akan semakin tinggi menjulang disertai banyaknya riam-riam dan batu batu sungai yang besar.

Selain itu terdapat pula makam Datuk Keramat Seikh Abdu Saman Bin Seikh Abdullah yang wafat pada tahun 1778 yang dapat anda kunjungi.

batu dinding kalimantan timurTarif

Untuk mencapai Long Bagun dari Tering menggunakan Motor Boat akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Biaya untuk menumpang di Speadboat sekitar Rp. 300.000. alternative perjalanan yang lebih murah anda dapat menggunakan kapal kayu, seperti kapal penumpang dan kapal barang yang lebih besar, hanya saja waktu tempuh perjalanan membengkak menjadi 10-12 Jam.

 

Riam Sebagai Tambahan

Jika anda adalah petualang sejati, tentu perjalanan panjang ini tidak ingin anda lewatkan. Anda dapat melanjutkan perjalanan dari Long Bagun menuju Long Pahangai, dalam perjalan anda akan disuguhkan dengan 12 riam yang menantang nyali. Jika anda tidak sibuk berdoa dalam perjalanan anda dapat menikmati pemandangan yang indah di sisi kiri dan kanan riam.

Tips

Tidak bisa di pungkiri ketahanan fisik sangat dibutuhkan ketika anda melakukan wisata ke daerah kalimantan. Pun jika anda berniat melanjutkan perjalanan untuk menantang Riam fisik dan nyali adalah hal yang mutlak dibutuhkan.

Pastikan anda membawa lotion pengusir nyamuk, karena di pedalaman nyamuk adalah kawan setia perjalanan anda.

Bagikan

2 tanggapan untuk “Eksotiknya Batu Dinding Dan Riam Jeram Kalimantan Timur”

  1. Putu Pirnadi berkata:

    Tidak diragukan lagi kekayaan yang dimiliki Indonesia, baik alam, budaya, maupun warisan sejarahnya. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut silakan kunjungi http://1001indonesia.net/

  2. fitri susilowati berkata:

    Terima kasih sudah menulis tentang alam yang elok ini. Semakin cintaaaa dengan bumi etam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *